Wednesday, March 25, 2020

Pahami 3 Tips ini, Biar Efektif Saat Belajar Online Selama Penyebaran Virus Corona

Oleh Silviana Chairunnisa

Manajemen waktu secara sederhana adalah mengatur waktu. Manajemen pada prinsipnya adalah mengatur, mengorganisasikan, atau memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk aktivitas dan tujuan yang bermanfaat. Dalam Islam waktu sangatlah berharga dan Islam sangat menghargai waktu. Dalam Al-Quran, Allah swt berfirman pada surat Al-‘Asr (1-3). Dalam surat ini bisa disimpulkan bahwa waktu adalah sesuatu yang berharga, bernilai, dan penting. Oleh karena itu, islam memerintahkan umatnya agar menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

Adapun pada saat ini sedang terjadi di dunia ialah Penyebaran virus COVID-19 dan Para Pemerintah Daerah pun telah menerapkan kegiatan belajar-mengajar sekolah dan kampus yang menerapkan sistem belajar online  demi mencegah penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.

Belajar  di rumah untuk menghindari virus COVID-19, tentu saja situasinya akan berbeda dibandingkan dengan belajar di sekolah maupun di kampus. Mulai dari suasana hingga manajemen waktu. Belum lagi kamu yang juga harus melakukan berbagai aktivitas di rumah, seperti memasak, mengurusi binatang peliharaan, hingga membersihkan rumah. Bukan hanya itu saja, kamu yang cenderung belajar di atas kasur biasanya justru malah akan malas untuk belajar. Suasana kamar atau rumah justru membuatmu ingin berlibur dan bersantai. Sulit juga rasanya kalau rasa malas atau mager sudah melanda.

Bagaimanapun juga, pembelajaran secara jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Selain itu, para murid atau mahasiswa juga mesti siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur oleh sekolah dan kampus.

Bagaimana pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan efektif?  Berikut ini ada beberapa Tips Belajar Online Jarak Jauh Selama Penyebaran COVID-19 :

  1.      Tetapkan Manajemen Waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru atau dosen. Hal ini lebih mudah dijalani jika pihak sekolah atau kampus memberikan batasan jadwal akses daring kepada murid-muridnya.

Berusaha membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada siswa yang melakukan remote learning.

Hal yang perlu dilakukan dalam pandemi seperti ini kita harus tetap tenang positif thingking pada Allah dan juga berusaha serta berdoa, setelah berusaha dan berdoa secara maksimal, maka bertawakal lah kepada Allah setelah itu terimalah jawaban Allah terhadap semua usaha dan doa kita dengan ikhlas dan sabar dan jangan lupa bersyukur, syukuri semua keputusan Allah karena itulah jawaban terbaik allah terhadap usaha doa kita.

   2.      Belajarlah dengan Serius

Selama melakukan pembelajaran di internet, terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya.

Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar. Jika memungkinkan, tetapkan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

Adapun Doa  sebelum belajar
رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Wahai Rabbku, tambahkanlah ilmu bagiku”

Jauhkan atau kurang-kurangi rasa malas atau mager belajar karena malas tidak disukai allah swt.

Adapun Doa agar terhindar dari rasa malas
اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن, والعجز والكسل, والبخل والجبن, وضلع الدين وغلبة الرجال
Artinya: “Ya  Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada (dari yang) menentang dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang. ”

   3.      Jaga kesehatan

Bagaimana bisa belajar dengan baik jika kamu tidak menjaga kesehatan? Pastikan kamu memenuhi gizi di rumah. Mengonsumsi banyak air mineral juga merupakan hal penting untuk membuat tubuhmu tetap fit. Asupan air mineral pun dapat membantu meningkatkan fokusmu dalam belajar.

Adapun tips menghadapi virus COVID-19 :

  a.       Selalu berdoa,  memohon perlindungan kepada Allah
  b.      Diam di rumah, sebanyak mungkin, sebisa mungkin
  c.       Istirahat yang cukup dan perbanyak konsumsi buah dan sayur
  d.      Social distancing alias jauhi keramaian. Kalaupun terpaksa keluar rumah, jaga jarak 1,5 – 2  meter terhadap orang lain
   e.       Rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah

Referensi


Artikel Terkait