8 Karakteristik Tim Berkinerja Tinggi Yang Kalian Wajib Ketahui

8 Karakteristik Tim Berkinerja Tinggi Yang Kalian Wajib Ketahui
Oleh Nafis Fauzan


Dalam bekerja atau dalam sebuah organisasi tentunya memerlukan kegiatan gabungan setiap tim antar divisi agar dapat mencapai target keseluruhan. Disamping itu, pada tingkat individual, kerjasama juga penting sebagai wadah untuk memperdalam keahlian interpersonal dan intrapersonal, atau bagaimana mengenal dan berinteraksi dengan sesama staf maupun dengan atasan.

Memiliki tim berkinerja tinggi adalah sebuah jaminan perusahaan akan terus maju dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat. Karena kinerja yang tinggi berarti produktivitas yang tinggi, hasil kerja yang besar, dan prestasi yang hebat.

Setiap orang mempunyai cara berkerja yang berbeda, ada yang terbiasa bekerja sendiri dan ada pula yang lebih menyukai kerja bersama-sama dalam menyelesaikan tugas. Perselisihan adalah sesuatu yang wajar terjadi di dalam tim kerja. Ini merupakan dinamika yang tidak bisa ditolak. Inilah yang akhirnya membuat sebuah tim sulit untuk mencapai kerja maksimal.

Anwar Prabu Mangkunegara (2006:67) Kinerja merupakan hasil kerja secara kuantitas dan kualitas yang dicapai seorang pegawai dalam melaksanakan tugas dan sesuai dengan tanggung jawab yang di berikan. Tim yang memiliki kinerja tinggi mampu mendefinisikan dengan baik, menyetujui dan membagi tujuan kepada anggota tim yang lain, apa yang tim inginkan.

Menciptakan tim yang berkinerja tinggi bukanlah hal yang mudah, malah terkadang menjadi sebuah tantangan, akan tetapi hal tersebut bisa diwujudkan. Berikut 8 karakteristik berkinerja tinggi yang harus dimiliki perusahaan atau suatu organisasi ;

1. Sense of Purpose (Tujuan)

Sebuah tim harus memiliki tujuan yang akan dilaksanakan atau dikerjakan. Sangat tidak mungkin kita memangun sebuah tim tanpa adanya tujuan. Tanpa misi yang  harus ditunaikan. Tanpa peran yang perlu dijalankan.

2. Open Communication (Komunikasi Terbuka)

Jangan pernah anggap sepele masalah komunikasi. Ketika komunikasi sesama sesama anggota timmacet. Dapat dipastikan kerja tim berantakan. Karena setiap orang tidak mengerti apa yang harus dilakukan.

3. Mutual Trust and Respect (Rasa Saling Percaya dan Hormat)

Rasa saling percaya menjadi syarat mutlak untuk bisa membangun kerja tim yang berkinerja tinggi. Karena tidak akan ada kerja tim yang sukses jika anggotanya tidak saling percaya. Yang pada akhirnya seluruh anggota hanya bekerja masing-masing secara individual. Rasa hormat harus dimiliki oleh setiap anggota maupun pemimpinnya, rasa hormat ini nantinya akan membentuk semacam rantai penghubung yang kuat di antara sesama tim.

4. Shared Leadership (Berbagi Kepemimpinan)

Maksud berbagi kepemimpinan disini ialah dimana adanya peluang bagi seorang pemimpin berbagi kepemimpinannya degan bawahannya baik dalam merumuskan tujuan, penugasan, pengambilan keputusan dan upaya lainnya yang berkaitan dengan meningkatkan produktivitas.

5. Effective Working Procedures (Prosedur Kerja yang Efektif)

Prosedur yang efektif mengarahkan kita untuk bekerja secara optimal. Ini berfungsi sebagai pedoman untuk mengantisipasi berbagai macam situasi tak terduga yang akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi.

6. Building on Differences (Membangun Perbedaan)

Perbedaan itu sebuah kekuatan, bukan permusuhaan. Dari setiap perbedaan yag ada kita bisa mengambil sisi-sisi positifnya dan meninggalkan atau membuang sisi negatif nya.

7. Flexibility and Adaptability (Fleksibilitas dan Kemampuan Beradaptasi)

Karena dengan fleksibiitas kita dapat mengikuti perkembangan IPTEK dan pola pikir masyarakat. Juga kemampuan beradaptasi sangatlah penting, bersosialisasi terhadap anggoa yang lain yang dapat memacu diri kita supaa bisa lebih maju dari sebelumnya.

8. Continued Learning (Terus Belajar)

Agar dapat mengikuti perubahan-perubahan yang ada maka dibutukan nya karakter  atau kemampuan terus belajar untuk menyerap dan memahami informasi baru dengan cepat, menerapkan pengetahuan dan pembelajaran baru, dan meningkatkan diri untuk mempelajari hal-hal baru.


Sumber Referensi

https://presenta.co.id/artikel/membangun-tim-berkinerja-tinggi/
https://sinergipakarya.id/web/?page_id=354
https://duniakaryawan.com/cara-membangun-kerja-tim/
https://centrausaha.com/membangun-tim-kerja-efektif/
https://beecloud.id/cara-membangun-tim-kerja-team-work-yang-solid-dan-efektif/
https://materibelajar.co.id/pengertian-kinerja-menururt-para-ahli/
https://www.sepulsa.com/blog/langkah-membangun-kerja-sama-dalam-tim-yang-efektif
https://darmawanaji.com/pentingnya-sense-of-purpose/


0/Post a Comment/Comments