Tahun 1994 Erdogan Menjanjikan Hagia Shopia akan Kembali Menjadi Masjid, Kini Telah Dibayar Lunas

Tagar Hagia Sophia menjadi trending topic di jagad medsos. Umat Islam bersuka cita dengan dicabutnya Hagia Sophia sebagai museum oleh Pengadilan Tinggi Turki. Berikut susunan peristiwanya dari berita Anadolu Agency Indonesia :


Pengadilan tinggi Turki pada Jumat membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia di Istanbul menjadi museum, pembatalan itu bisa mengembalikan status situs itu kembali menjadi masjid.

Sebuah LSM di Istanbul, Asosiasi Yayasan Berkelanjutan untuk Artefak Sejarah dan Lingkungan, mengajukan tuntutan yang meminta pembatalan keputusan Dewan Kabinet pada 1934 untuk mengubah Hagia Sophia menjadi museum setelah menjadi masjid selama lebih dari 500 tahun.

Pengadilan melakukan sidang pada 2 Juli sebelum mengeluarkan keputusannya.

Di bawah Kekaisaran Bizantium, Hagia Sophia digunakan sebagai gereja selama 916 tahun.

Setelah Kekaisaran Ottoman menaklukkan Istanbul pada 1453 situs ini diubah menjadi masjid oleh Sultan Muhammad II.

Hagia Sophia, warisan mahakarya arsitektur dunia yang tak tertandingi, mengalami restorasi berkali-kali selama era Ottoman, termasuk penambahan menara oleh arsitek terkenal Mimar Sinan untuk pengumandangan azan.

Di bawah Republik Turki bangunan itu diubah menjadi museum pada 1935.

Tanggapan pemerhati Dunia Islam

Pemerhati Dunia Islam, Hasmi memberikan komentarnya tentang Hagia Shopia yang kini menjadi masjid kembali.

Amerika mengancam, Rusia menolak, UE mengecam rencana Turkey mengembalikan fungsi Hagia Sophia menjadi masjid. Tapi Turkey gak gentar. Adakah negara muslim yang bisa tegak seperti ini skrg di hadapan kekuatan Barat dan dunia? No.

Adem banget melihat tv2 Turkey membacakan surat AlFath sebagai bentuk rasa syukur kembalinya Hagia Sophia menjadi masjid. Sekaligus mengenang jasa besar Muhammad Alfatih penakluk Konstantinopel. Inilah identitas sesunguhnya bangsa Turkey. Muslim bukan sekuler.

Adzan pertama dari masjid Hagia Sophia sejak resmi dikembalikan sebagai masjid. Allah.

Quote Tweet


Erdogan: pengembalian fungsi Hagia Sophia sebagai masjid adalah sinyal awal untuk pembebasan Al Aqsha. Gw: ini saja sudah lebih dari cukup untuk membuat namamu dikenang dalam sejarah dunia sepanjang masa, Sultan.

Ini wawancara Erdogan dg salah satu majalah ketika dulu masih menjabat sbg walikota Istanbul. Kata Erdogan ketika itu: wajah Islam kan kembali ke Istanbul dan Hagia Sophia akan kembali menjadi masjid. Hari ini janji tersebut telah dibayar lunas.

Ketika Sultan Muhammad Alfatih menaklukan Istanbul dan masuk ke Hagia Sophia, para petinggi Ortodoks bersujud kepadanya. Alfatih berkata: bangunlah kalian. Jangan lagi pernah takut atas hidup dan kebebasan kalian setalah ini.

Setelah itu datanglah waktu Ashar. Sultan Alfatih meminta agar dikumandangkan adzan untuk shalat. Inilah adzan pertama yang berkumandang dari Hagia Sophia. Hari ini, adzan pertama berkumandang dari Hagia Sophia juga di waktu Ashar. Persis.

0/Post a Comment/Comments