Selasa, 06 April 2021

8 Keistimewaan yang Dimiliki Khadijah ra.

[wartanusantara.id] Nama lengkapnya adalah Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul 'Uzza bin Qushai bin Kilab. Ia dilahirkan di Ummul Qura (Makkah), sekitar 15 tahun sebelum Tahun Gajah.


Selain dikenal sebagai saudagar kaya, Khadijah pada masa Jahiliah dijuluki Ath-Thahirah yang artinya 'wanita suci.'


Pernikahan dengan Khadijah dengan Nabi terjadi setelah perniagaan dari Syam. Di mana Nabi Muhammad saw. berhasil membawa keuntungan yang banyak. Selain pintar dalam berdagang, Nabi dikenal memiliki sifat-sifat yang terpuji. 

Awal-awal Rosulullah saw. berdakwah selalu didukung dan dibela oleh Khadijah ra. Ia tetap setia mendampingi beliau saat menjalani masa-masa pahit. Wajar jika Rosulullah saw. sangat terpukul ketika Khadijah meninggal dunia.

Dalam buku 35 Sirah Shahabiyah karya Mahmud Al-Mishri, Khadijah ra. memiliki 8 keistimewaan yang tidak dimiliki oleh istri-istri Nabi lainnya.

1. Khadijah adalah orang yang pertama beriman kepadanya.

Ketika pertama kalinya Rosulullah Saw. menerima wahyu di gua Hira, Khadijah lah yang menenangkan beliau. Ia juga yang pertama kali beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

2. Orang pertama yang shalat bersama Nabi

Menurut Imam 'Izzuddin bin Al-Atsir, Khadijah manusia yang pertama masuk Islam. Ia selalu menyertai Nabi Saw. dalam melaksanakan shalat yang ditetapkan saat itu, yakni shalat dua rakaat di waktu pagi dan 2 rakaat di waktu malam. Shalat 5 waktu baru diwajibkan setelah peristiwa Isra Mi'raj, artinya pada waktu itu Khadijah telah meninggal dunia.

3. Wanita pertama yang memberi keturunan kepada Nabi saw.

Pernikahan Rosulullah Saw dengan Khadijah ra dikarunia beberapa putera dan puteri. Anak pertama bernama Al-Qasim, kemudian disusul puteri-puterinya, yakni Zainab, Rukayyah, Ummu Kultsum, dan Fatimah. Mereka dilahirkan sebelum beliau diangkat menjadi Nabi. Setelah menjadi Nabi, lahirlah Abdullah yang dijuluki Ath-Thayyib (lelaki baik) dan Ath-Thaahir (lelaki suci).

4. Wanita pertama, di antara istri-istri Nabi saw. yang mendapat berita dijamin masuk Surga.

Abu Hurairah ra. menyatakan bahwa Jibril datang kepada Nabi saw. seraya berkata, "Wahai Rosulullah, Khadijah sedang berjalan menuju kemari. Ia membawa wadah yang berisi kuah, makanan, atau minuman. Jika ia sampai kepadamu, maka katakanlah bawa Tuhannya dan aku menyampaikan salam kepadanya. Dan, sampaikanlah kabar gembira kepadanya bahwa ia mendapat sebuah rumah di dalam surga yang terbuat dari bambu tanpa berisik dan tidak melelahkan." (Muttafaq 'alaih).

5. Orang pertama yang menerima ucapan salam dari Allah 

Anas ra. meriwayatkan bahwa suatu ketika Jibril datang kepada Rosulullah saw. yang sedang berduaan dengan Khadijah ra. Jibril berkata, "Sesungguhnya Allah menyampaikan salam kepada Khadijah." Khadijah ra. membalas, "Sesungguhnya Allah-lah Assalam (Maha Memberi Kesejahteraan). Sebaliknya, kuucapkan kepada Jibril dan kepadamu. Semoga Allah melimpahkan kesejahteraan, rahmat, dan berkah-Nya kepadamu." (h.r. An-nasa'i)

6. Wanita pertama yang masuk kategori shiddiq 

Menurut Mahmud Al-Mishri, Khadijah ra. layak dikategorikan shiddiq di antara wanita-wanita mukmin lainnya.

7. Istri Nabi yang pertama kali meninggal dunia

Khadijah ra. meninggal dunia setelah masa pemboikotan berakhir. Ia meninggal dunia pada saat usia 65 tahun. Kemudian disusul Abu Thalib. Peristiwa tersebut dinamakan Tahun Duka.

8. Orang pertama yang kuburannya dipersiapkan oleh Nabi saw.

Itulah kira-kira 8 keistimewaan yang dimiliki Khadijah ra., istri Rosullah saw.

Iman Blogger

 Disimpulkan dari Buku 35 Sirah Shahabiyah karya Mahmud Al-Mishri

Artikel Terkait