Ikut Panen Raya Di Cilacap, Anies Baswedan Bicarakan Kolaborasi Berkeadilan Bagi Semua Pihak

[wartanusantara.id] Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari Jum'at (16/4) ikut panen raya bersama di Cilacap. Panen padi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sumber Makmur, Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap dengan BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya.

(Photo dok. Fb)

Anies merasa bersyukur bisa kerjasama dengan Cilacap untuk memastikan ketahanan pangan bagi warga DKI Jakarta. Terutama untuk keamanan pasokan pangan selama bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Kolaborasi tersebut dimulai tahun 2018. Pemkab Cilacap bersama Gapoktan Sumber Makmur menyediakan lahan dan petaninya. Sementara Food Station ementara Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station melakukan beragam pendampingan kepada petani dan off taker produk pertanian.

"Pendampingan yang dilakukan Food Station terhadap Gapoktan Sumber Makmur antara lain terkait pendampingan dalam pemilihan varietas; pendampingan dalam pascapanen; Food Station sebagai off taker memberikan jaminan harga; memotong mata rantai pembelian gabah milik petani, sehingga petani bisa tetap sejahtera; serta kolaborasi ini dapat digunakan oleh petani untuk mendapatkan pembiayaan," kata Anies.

Anies membicarakan prinsip saling menguntungkan antara DKI Jakarta dengan daerah lainnya, terutama kolaborasi berkeadilan bagi semua pihak.

"..membuat masyarakat Jakarta mendapat beras berkualitas dengan harga terjangkau, dan yang paling penting petani di Cilacap merasakan peningkatan kesejahteraan," lanjutnya.

Anies merencanakan kolaborasi tersebut bisa diperluas pada aspek-aspek lain. "Karena kita semua menyadari bahwa kebersamaan, gotong royong itu adalah sifat dasar bangsa kita," tutup Anies.

Sumber diolah dari Fanspage FB Anies Baswedan.

Iman Blogger

0/Post a Comment/Comments