AS, kekuatan lain melawan kebangkitan regional Turki

[wartanusantara.idAS dan kekuatan regional lainnya berpikir Turki memiliki potensi untuk menjadi kekuatan regional, dan salah satu keharusan strategis AS adalah tidak membiarkan kekuatan yang tumbuh menjadi hegemon regional, itulah sebabnya ada banyak ketegangan di kawasan itu, menurut ahli geopolitik.


"Kebijakan AS adalah karena mereka tidak dapat membangun aliansi regional di mana mereka dapat memeriksa kekuatan Turki, cara terbaik untuk melemahkan kekuatan ini adalah dengan memberdayakan [kelompok] minoritas untuk pemberontakan militer seperti [kasus] PKK," kata Sami. Al-Arian, direktur Pusat Islam dan Urusan Global yang berbasis di Istanbul, berpartisipasi dalam acara virtual yang membahas "Strategi Besar Turki sebagai Kekuatan Ketiga" pada Rabu malam.

"Inilah mengapa mereka [AS] memiliki kebijakan Suriah utara ini. Ini pada dasarnya tidak ada hubungannya dengan ISIS [Daesh] atau masalah lain yang lebih besar selain mencoba untuk memeriksa kekuatan Turki," kata Al-Arian.

Al-Arian juga mengangkat masalah kemungkinan munculnya Turki sebagai kekuatan nuklir sebagai salah satu "keharusan strategis dalam strategi besarnya."

"Tidak mungkin Turki benar-benar dapat memproyeksikan kekuatan di kawasan itu sementara itu dikelilingi oleh kekuatan nuklir," katanya. "Ya, itu memiliki cakupan NATO, tetapi itu bisa terjadi kapan saja jika Turki benar-benar tumbuh dari peran yang telah diberikan," tambahnya.

Al-Arian, pakar kebijakan global, mengatakan tenaga nuklir tidak datang dalam semalam. "Biasanya tidak datang dengan bantuan orang lain. Itu harus dibangun secara internal, selama beberapa dekade," katanya.

- 'kekuatan Muslim yang besar' di Turki

Sener Akturk, seorang profesor di Universitas Koc yang berbasis di Istanbul, menyarankan bahwa Turki sebagai kandidat potensial akan menjadi "kekuatan besar mayoritas Muslim yang hilang."

"Anda tidak memiliki kekuatan besar mayoritas Muslim meskipun Muslim mewakili populasi yang cukup besar di dunia - sejauh ini kelompok agama terbesar yang tidak terwakili di Dewan Keamanan PBB," katanya, dengan alasan bahwa semua identitas agama lainnya, baik itu Kristen, Hindu, dan Konfusianisme, adalah "kekuatan besar" yang dicampur dengan nuklir, merujuk pada AS, Rusia, Cina, dan India.

Tidak ada aktor internasional, kata Akturk, yang dapat turun tangan dan "menghentikan penganiayaan massal terhadap populasi Muslim."

Dia merujuk pada pembunuhan massal populasi Muslim yang menderita di Bosnia, Irak, Suriah, Afghanistan, dan Rohingya di Myanmar.

"Mereka tidak tertangani karena tidak ada kekuatan besar yang merasakan dorongan untuk turun tangan," tambahnya.

Turki adalah ekonomi terbesar di negara mayoritas Muslim, katanya. "Ini memiliki sejarah sistem perwakilan multi partai yang kompetitif, ekonomi berbasis industri-pertanian dan merupakan situs kerajaan Muslim terbesar," tambahnya.

Dia juga mengatakan Turki menarik baik pengungsi dari negara Muslim maupun negara non-Muslim.
"Turki memiliki daya tarik karena gaya hidup religius dan sekuler hidup berdampingan," tambahnya.

Sumber : Yeni Safak

0/Post a Comment/Comments