Ternyata Trump mendukung rencana pencaplokan Israel dalam surat rahasia

Media Israel, dikutip dari Anadolu Agency, melaporkan bahwa mantan Presiden AS Donald Trump mengirim surat rahasia kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengesahkan rencana pencaplokannya yang kontroversial atas wilayah Palestina ke kedaulatan Israel.



Surat kabar Jerusalem Post mengatakan surat tiga halaman, tertanggal 26 Januari 2020, mengatakan: "Israel akan dapat memperluas kedaulatan ke bagian-bagian Tepi Barat jika Netanyahu menyetujui negara Palestina di wilayah yang tersisa."

Netanyahu menerima surat itu hanya dua hari sebelum Trump mengumumkan apa yang disebutnya "kesepakatan abad ini" untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel, sebuah rencana yang ditolak keras oleh Palestina.

Pembicaraan damai antara Palestina dan Israel gagal pada tahun 2014 karena penolakan Tel Aviv untuk membebaskan tahanan Palestina dan menghentikan pembangunan pemukiman.

“Kesepakatan abad ini” Trump mengacu pada Yerusalem sebagai “ibu kota Israel yang tidak terbagi” dan mengakui kedaulatan Israel atas sebagian besar Tepi Barat yang diduduki.

Rencana tersebut melibatkan pembentukan negara Palestina Balkan dalam bentuk kepulauan yang dihubungkan oleh jembatan dan terowongan.

Pejabat Palestina mengatakan bahwa di bawah rencana AS, Israel akan mencaplok 30-40% Tepi Barat, termasuk seluruh Yerusalem Timur.

Di bawah tekanan internasional, Netanyahu tidak mengumumkan rencana pencaplokannya seperti yang dijadwalkan pada Juli 2020, mengklaim dia hanya menunda pengumumannya.

0/Post a Comment/Comments