Mahfud Md Bongkar Alasan Tolak Jadi Cawapres Anies Baswedan


WARTANUSANTARA.ID|PEMILU-- 
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengungkapkan alasan dirinya menolak tawaran dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mahfud mengaku khawatir jika ia menerima tawaran tersebut, koalisi pendukung Anies akan bubar.

Tawaran dari PKS

Mahfud mengatakan bahwa Presiden PKS Ahmad Syaikhu pernah datang ke rumahnya bersama dengan politisi PKS Al Muzzammil Yusuf untuk menjajaki kemungkinan Mahfud menjadi cawapres Anies. Namun, Mahfud menolak tawaran tersebut dengan tegas.

"Kepada Pak Syaikhu waktu ke rumah bersama Al Muzzammil kan beliau menjajaki untuk mencari cawapresnya Anies, antara lain bertanya, 'Pak Mahfud bersedia tidak? (Saya jawab) tidak," kata Mahfud di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Senin (5/6/2023).

Mahfud mengatakan bahwa ia tidak tertarik untuk menjadi cawapres Anies karena ia merasa tidak cocok dengan koalisi yang mendukung Anies. Ia juga mengkhawatirkan jika ia menerima tawaran tersebut, koalisi yang terdiri dari PKS, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Gerindra akan pecah.

"Jangan ajak saya agar koalisi tidak pecah. Saya bilang begitu karena saya tahu kalau saya masuk koalisi itu pecah. Saya tahu itu karena saya nggak cocok dengan koalisi itu," ujar Mahfud.

Pesan untuk Denny Indrayana

Mahfud juga mengulas pesannya kepada mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Denny Indrayana terkait Pilpres 2024. Menurutnya, Denny yang merupakan pendukung Anies harus menjaga agar Anies tetap mendapatkan tiket nyapres dan tidak menuduh pemerintah ingin menggagalkan pemilu.

"Kan Denny itu, bilang ditugaskan oleh Pak Mahfud untuk menjaga Anies agar demokrasi hidup dan dia dapat tiket, memang iya karena dia (Denny) kan selalu menuduh pemerintah itu mau menjegal Anies. Menuduh juga ada upaya menggagalkan pemilu, memperpanjang, menunda pemilu. Kalau gitu bagi tugas, 'Kamu saya tugaskan jaga Anies, agar demokrasi hidup dan tidak lagi menuduh pemerintah', itu maksud saya," jelas Mahfud.

Mahfud menambahkan bahwa ia akan menjaga agar pemilu berjalan lancar dan demokratis. Ia juga meminta Denny untuk melapor kepadanya jika ada oknum yang ingin mengganggu proses pemilu.

"Kalau ada oknum, pemerintah, oknum ya, ya bilang saya. Nah saya yang jaga pemilu-nya. Jangan dituduh mau gagalkan pemilu. Saya yang jaga agar pemilu-nya jadi, bagi tugas gitu dan saya beri tugas itu bukan hanya kepada Denny," tambah Mahfud.

Sumber: ¹²³⁴⁵

(1) Pengakuan Mahfud Md Tolak Jadi Cawapres Anies Agar Koalisi ... - detikNews. https://news.detik.com/pemilu/d-6757101/pengakuan-mahfud-md-tolak-jadi-cawapres-anies-agar-koalisi-tak-bubar.
(2) Terungkap Alasan mahfud MD Tolak Tawaran PKS Jadi Cawapres Anies Baswedan, Ada yang Akan Rusak. https://www.msn.com/id-id/berita/other/terungkap-alasan-mahfud-md-tolak-tawaran-pks-jadi-cawapres-anies-baswedan-ada-yang-akan-rusak/ar-AA1caJGY.
(5) Ditawari PKS Jadi Cawapres Anies, Mahfud Md Menolak - detikcom. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6756215/ditawari-pks-jadi-cawapres-anies-mahfud-md-menolak.


0/Post a Comment/Comments