Siapakah Hakan Fidan, diplomat top baru Türkiye?


WARTANUSANTARA.ID|TURKIYE-- 
Hakan Fidan, kepala badan intelijen Turki Organisasi Intelijen Nasional [MIT], telah ditunjuk sebagai menteri luar negeri dalam Kabinet baru yang diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Fidan, yang menggantikan Mevlut Cavusoglu sebagai diplomat tertinggi negara itu, lahir di lingkungan Hamamonu di Ankara pada 1968.

Dia lulus dari Sekolah Sinyal Angkatan Darat dan Sekolah Bahasa Angkatan Darat, dan menyelesaikan sebagian besar studi akademisnya selama bertugas di Angkatan Bersenjata Turki [TSK].

Selama penugasan NATO di luar negeri, Fidan memperoleh gelar sarjana dalam ilmu politik dan manajemen dari University of Maryland yang diikuti oleh gelar master dan doktoral dari Departemen Hubungan Internasional di Universitas Bilkent.

Setelah pengabdiannya di TSK, Fidan fokus pada kehidupan akademik dan mengajar kursus hubungan internasional di universitas Hacettepe dan Bilkent di ibu kota Turki, Ankara.

Fidan memegang posisi kritis dalam kebijakan luar negeri dan keamanan di institusi negara.

Dia menjabat sebagai Wakil Wakil Menteri untuk Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan di Perdana Menteri dan Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki.

Dia adalah anggota dewan gubernur Badan Energi Atom Internasional, perwakilan khusus perdana menteri, Wakil Wakil Sekretaris MIT, Kepala MIT dan perwakilan khusus presiden.

Fidan telah menjabat sebagai kepala MIT selama 13 tahun sejak 27 Mei 2010 dan Presiden Erdogan pernah menyebut pria berusia 55 tahun itu sebagai "penjaga rahasia".

Ia menikah dan memiliki tiga anak.

Sumber : TRT World

0/Post a Comment/Comments