Tuesday, July 28, 2020

2 Sifat yang Dimiliki Oleh Utsman bin Ertugrul, Pendiri Daulah Utsmaniyah

Seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, nama Utsman bin Ertugrul yang dijadikan nisbah (ikon) kekuasaan Daulah Utsmaniyah.


Tentang sejarah Utsman bin Ertugrul baca di sini

Dalam buku sejarah Daulah Utsmaniyah karya DR. Ali Muhammad Ash-Shallabi, Utsman bin Ertugrul memiliki 8 sifat kepemimpinan. Admin akan menuliskan 2 sifat saja, yaitu;

1. Pemberani

Ketika para pemimpin umat Nasrani Byzantium melakukan pertemuan di Bursa, Madinus, Adranus, Kuttah, dan Kastalah pada tahun 700 H/1301 M, dalam rangka menyatukan langkah dan membentuk aliansi Salibis untuk menyerang Utsman bin Ertugrul sang pendiri Daulah Utsmaniyah, semua umat Nasrani memenuhi ajakan itu dan mereka saling berjanji untuk menumpas habis negara yang baru tumbuh itu. Utsman bin Ertugrul beserta pasukannya maju menyongsong pasukan Salibis. Utsman langsung terjun ke medan pertempuran dan ia berhasil memorak-porandakan pasukan aliansi Salibis. Dalam pertempuran tersebut, tampak keberanian dan kepahlawannya yang dijadikan sebagai perumpamaan yang tinggi di kalangan bangsa Turki Utsmani.

2. Bijaksana

Setelah Utsman bin Ertugrul memegang tampuk kepemimpinan kaumnya, maka dia berpendapat bahwa termasuk suatu kebijaksanaan jika dia berdiri bersama dengan Sultan Alauddin dalam melawan kaum Nasrani. Utsman bersama pasukannya berperan dalam menaklukkan beberapa kota yang memiliki pertahanan kokoh dan benteng-benteng yang kuat. Oleh sebab itu, Utsman mendapatkan kepercayaan untuk menjabat sebagai amir dari Sultan Alauddin, Sultan Saljuk-Romawi. Sultan Alauddin juga mengizinkan Utsman untuk menerbitkan mata uang dengan menuliskan namanya sendiri. Selain itu, nama Utsman bin Ertugrul juga disebutkan dalam khotbah-khotbah di wilayah-wilayah yang ia kuasai.   

Artikel Terkait