17 April 2020

Peran Manajemen Risiko dalam Sebuah Perusahaan

Oleh: Hotnaida Siregar 

Sebelum membahas pentingnya Manajemen risiko dalam sebuah perusahaan, perlu kita ketahui pengertian manajemen dan pengertian risiko. Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi." Ya, secara sederhana itulah pengertian manajemen, Sedangkan Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi dari sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Dalam bidang asuransi misalnya, risiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian, di mana jika terjadi suatu keadaan yang tidak dikehendaki dapat menimbulkan suatu kerugian.


Kemudian setelah mengetahui pengertian manajemen dan risiko, selanjutnya kita akan membahas pengertian manajemen risiko. Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman. Bisa juga disebut sebagai suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk didalamnya :


      1.       Penilaian risiko,

      2.       Pengembangan strategi untuk mengelolanya dan

      3.       Mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.


Strategi yang dapat diambil dalam manajemen risiko adalah;


  •           Memindahkan risiko kepada pihak lain (transfer risk),
  •          Menghindari risiko (avoid risk),
  •          Mengurangi efek negatif risiko (mitigate risk), Dan
  •          Menampung sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu (accept risk).

Sasaran dari pelaksanaan manajemen risiko adalah untuk mengurangi risiko yang berbeda-beda dan berkaitan dengan bidang yang dipilih (misalnya Manajemen risiko dalam perusahaan). Hal ini dapat berupa berbagai jenis ancaman yang disebabkan oleh lingkungan, teknologi, manusia, organisasi dan politik. Di sisi lain pelaksanaan manajemen risiko melibatkan segala cara yang tersedia bagi manusia, khususnya, bagi entitas manajemen risiko (manusia, staff, dan organisasi). Dalam perkembangannya Risiko-risiko yang dibahas dalam manajemen risiko dapat diklasifikasi menjadi

  •          Risiko Operasional
  •          Risiko Hazard
  •          Risiko Finansial
  •          Risiko Strategik

Manajemen Risiko dimulai dari proses identifikasi risiko, penilaian risiko, mitigasi, monitoring dan evaluasi.


Penerapan manajemen risiko yang efektif dalam sebuah perusahaan akan memudahkan pihak perusahaan untuk mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, dan peluang serta ancaman yang mungkin bisa terjadi. Dengan mengantisipasi segala risiko yang tidak terduga maka perusahaan akan memiliki kesiapan dalam merespon jika risiko tersebut terjadi.  Oleh sebab itu, dalam menjalankan perusahaan, maka perusahaan harus mampu untuk memastikan keberhasilan perusahaan dengan menentukan bagaimana perusahaan mengantisipasi potensi risiko. Sehingga perusahaan dapat mengindetifikasi, mengurangi atau bahkan menghindarinya ketika perusahaan menghadapinya.


Berikut ini ada beberapa pentingnya Manajemen risiko dalam sebuah perusahaan;

     1.       Untuk memastikan kesuksesan perusahaan. Perencanaan manajemen risiko sangat berperan dalam keberhasilan perusahaan dengan menetapkan daftar resiko baik internal maupun eksternal.Biasanya rencana manajemen resiko ini terdiri dari resiko yang teridetifikasi, kemungkinan terjadi, dampak potensial dan respon yang harus dilakukan ketika resiko datang.

     2.       Sebagai sarana komunikasi dengan pemegang kepentingan. Untuk memastikan keberhasilan perusahaan maka pihak perusahaan harus dapat menyampaikan rencana mereka dalam me-manage risiko kepada pemegang kepentingan, misalnya; pemilik perusahaan, pemilik saham atau modal dan sebagainya.

       3.       Untuk memaksimalkan hasil dan memenuhi batas waktu (target). Dengan memastikan proses manajemen risiko dalam sebuah perusahaan maka memungkinkan perusahaan mempunyai peluang keberhasilan yang meningkat dengan meminimalkan atau menghilangkan risiko negatif sehingga target atau tujuan dapat di selesaikan tepat waktu.

     4.    Perusahaan lebih proaktif. Dengan manajemen risiko, perusahaan akan lebih cenderung proaktif dalam mengambil langkah untuk mengurangi kemungkinan ancaman yang muncul.

       5.       Untuk mengevaluasi seluruh aktivitas perusahaan. Pentingnya manajemen risiko bagi kesuksesan perusahaan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk proyek selanjutnya. Manajemen risiko dapat menilai dampak risiko yang ditimbulkan dari sebuah kegiatan perusahaan dan juga cara mengatasi risiko tersebut. Dengan adanya evaluasi tersebut maka perusahaan dapat memanfaatkan sebuah risiko menjadi peluang untuk perusahaan lebih baik kedepannya. Wallahu a'lam.


 Penulis merupakan Mahasiswi STEI SEBI DEPOK


Artikel Terkait