Yuk Kenali Bisnis Di Era Digital beserta Tantangannya


Aulia Dika Zahra

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan ke arah serba digital. Hal ini menyebabkan manusia memiliki kecenderungan pada perangkat serba elektronik. Karena teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia. Sehingga mempermudah manusia dalam melakukan apapun. Peran penting teknologi inilah yang membuat peradaban manusia ke era digital.

Kecanggihan teknologi digital masa kini memberikan perubahan besar yang terjadi pada dunia. Seperti bermunculan berbagai macam teknologi yang serba digital. Setiap kalangan telah dipermudah dalam mengakses dan menikmati fasilitas teknologi dengan bebas. Sebenarnya apakah arti era digital itu?

Era digital adalah masa dimana masyarakat yang sebagian besar kegiatan sehari-harinya tidak terlepas dari penggunaan sistem digital dan peralatan digital. Seperti dalam melakukan pekerjaan, pada zaman dulu manusia mengetik sesuatu menggunakan mesin tik tetapi pada saat ini menggunakan komputer bahkan laptop yang bisa dibawa kemana saja. Pada zaman dulu, manusia ingin mencari suatu informasi atau sesuatu yang belum diketahui mereka menggunakan buku-buku, tetapi pada saat ini hampir semua manusia cukup mengakses Google dengan terhubung internet. Berbicara mengenai internet atau interconnected network yaitu jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan atau milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis misalnya telepon, satelit dan sebagainya.

Ada beberapa sikap yang kita ambil dalam menyikapi hidup di era digital yaitu membatasi pengunaan teknologi dan internet terutama dalam hal untuk mengurangi kejahatan, menghindari konten pornografi yang dapat merusak pikiran generasi muda. Lalu bersikap tidak perduli terhadap internet, karena ada segelintir orang yang merasa tidak membutuhkan internet dan merasa hidupnya sudah nyaman tanpa hadirnya internet. Dan sikap yang terakhir yaitu proaktif memanfaatkan internet, seperti berinisatif, belajar, dan bekerja keras untuk membuat teknologi bermanfaat bagi kehidupan kita.
 
Kenikmatan yang diberikan oleh teknologi canggih saat ini tidak terlepas dari dampak negatif dan dampak positif. Dampak negatif nya berupa, banyaknya kejahatan dunia maya (cyber crime), melemahkan dan menurunkan tingkat simpati serta empati seseorang terhadap dunia nyata, manusia menjadi kurang bergerak karena semua kegiatan telah serba instan.

Tidak hanya dampak negatif, terdapat pula dampak positif nya berupa, mudah dalam penyebaran informasi, menjadi sarana dalam mengembangkan keterampilan, memperluas jaringan pertemanan, untuk berbelanja baik kebutuhan rumah tangga, makanan, minuman, dan lainnya pada saat ini tidak harus pergi keluar rumah cukup melalui smartphone dengan menggunakan oline shopping, serta dapat mempermudah dalam mempromosikan bisnis yang kita jalani.

Pada era digital yang terjadi saat ini bisa berpengaruh pada bidang bisnis. Bisnis disini dalam arti kegiatan ekonomi. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu Business yang memiliki arti kesibukan. Dalam konteks sederhananya yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang, sedangkan menurut Hughes dan Kapoor bisnis merupakan suatu kegiatan yang kegiatan individu yang sangat terorganisasi yang bertujuan untuk menghasilkan serta menjual barang dan jasa yang berguna untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi suatu kebutuhan pada masyarakat.

Perbedaan yang terjadi antara kegiatan bisnis online dengan bisnis offline. Terutama dalam segi modal, jangkauan pemasaran, waktu, sistem pemasaran, jenis produk, jumlah produk, cara pembelian, sistem pembayaran, tenaga kerja, cara mencari barang, dan cara membuka cabang.

Tujuan dilakukan nya bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan, pengadaan barang / jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, mencapai kesejahteraan pemilik factor produksi dan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan, menunjukan eksistansi suatu perusahaan dalam jangka panjang, dan yang terakhir untuk menunjukkan prestise dan presentasi.

Kegiatan bisnis saat ini tengah booming dengan berbisnis online memanfaatkan kecanggihan teknologi pada era digital. Bisnis online adalah sebuah bisnis yang dilakukan oleh seseorang yang mengandalkan internet dengan perangkat kerja seperti komputer, laptop, netbook, dan smartphone. Pelaku bisnis online biasanya disebut Internet Marketer.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis online seperti menetukan produk/jasa, membangun mindset yang tepat, pemasaran bisnis online, memanfaatkan sosial media, serta mengatur manajemen keuangan bisnis. Adapula cara kerja bisnis online yaitu riset produk, membuat website/ akun media sosial, promosi melalui website/ akun media sosial, kuasai teknik SEO, promosi melalui situs jasa periklanan.

Peluang yang diberikan oleh era digital saat ini beragam dalam menjalankan bisnis online seperti membuat toko online, jualan online di marketplace, jualan di media sosial, menjadi dropshipper, tutor digital online, menjadi affiliate marketer, publisher/ blogger expert, membuat kursus online, jasa content writer, online service, transportasi dan booking secara online, membuat jasa periklanan online, panduan membuat website, email marketing.

  Semakin banyak orang yang tertarik menjalankan bisnis online, karena dianggap mudah dalam menjalankannya. Tetap saja ada tantangan yang akan dihadapi saat menjalankan bisnis online. Tantangan dalam berbisnis online adalah memastikan website yang digunakan mudah ditemukan oleh target pasar.  Memperhatikan visitor yang berkunjung ke website bisnis, sebagai seorang pebisnis ada baiknya bisa meyakinkan kalau produk yang dijual memiliki kualitas yang bagus, dan membuat konsumen merasa puas, mudahnya pembeli melakukan transaksi hingga barangnya datang ke tangan konsumen, sebagai pemilik bisnis tersebut harus mampu mengirim produk dalam kualitas yang baik maka tidak akan terjadi keluhan dari konsumen. Adapula hambatan yang terjadi seperti tepat atau tidak sasaran pembeli, kurangnya loyalitas dari konsumen, kesamaan produk antara toko online satu dengan yang lain. 

Referensi







1/Post a Comment/Comments

Jasa Seo mengatakan…
Tantangan di era digital harus memiliki kemampuan internet marketing